Desa Pulau Seliu Belitung

Ini adalah sedikit tentang Desa Pulau Seliu, nama lain Tanah Liu-Liu Belitung permai yang tidak ingin terlupakan, desa pulau yang merupakan bagian dari Pulau Belitung. Secara administratif, Desa Pulau Seliu terletak di kecamatan Membalong, kabupaten Belitung, provinsi Bangka Belitung.


Desa Pulau Seliu Belitung

Tanah Liu-Liu

Belitung selalu menyajikan pulau dan pesisir yang eksotis. Baik daratan pulau maupun pantai-lautnya, langit Swarnadwipa (Sumatra) itu kerap berwajah biru.

Pulau Seliu adalah desa pulau yang terletak di barat daya dari pulau induknya yaitu Belitung. Berluas 1.530 hektar, desa Pulau Seliu dinobatkan sebagai desa wisata pulau.

Desa Pulau Seliu Belitung
Desa Pulau Seliu Belitung
Desa Pulau Seliu Belitung

Rute menuju Pulau Seliu

Dari Jakarta, kita bisa mengambil penerbangan dengan tujuan Tanjung Pandan dengan kira-kira memerlukan waktu 1 jam. Kalau sudah landing di bandara H.A.S. Hanandjoeddin kita bisa meyewa angkutan bus menuju Teluk Gembira dengan estimasi 2 jam perjalanan melewati pusat kota dan perkampungan. Perkebunan sawit akan sering terlihat sepanjang perjalanan. Dan akses jalan sudah sangat mudah dan bersahabat.

 

Sesampainya di dermaga Pantai Teluk Gembira, perahu penyeberangan tersedia untuk disewa. Dengan merogoh kocek sekitar Rp. 25.000 kita bisa diantarkan menuju Pulau Seliu. Saking moleknya air laut yang membiru dan belaian angin yang menyejukkan, tidak terasa selama 30 menit perahu bisa melabuhkan kita ke dermaga Pulau Seliu.

Desa Pulau Seliu Belitung
Desa Pulau Seliu Belitung

Berbicara tentang Seliu adalah berbicara tentang kearifan lokal dan kekayaan alam yang dikandungnya. Pulau Seliu terkenal sebagai desa nelayan dengan kepiting rajungannya yang sangat lezat. Ikan dan hasil tangkapan lautnya selalu melimpah dan segar.

Pantai Tanjung Marang Bulo

Pulau Seliu juga memiliki pantai yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang terkenal di pesisir utara Pulau Belitung. Tanjung Marang Bulo merupakan pantai yang terkenal di Pulau Seliu karena keindahan lanskap dan airnya yang tenang.

 

Desa Pulau Seliu Belitung

 

Danau Purun 

Tidak jauh dari pantai tanjung Marang Bulo yang juga berada pesisir selatan pulau, ada Danau Purun. Hutan rawa tersebut menyajikan eksotisme tanaman purun danau (Lepironia articulata) yang hanya bisa tumbuh di tempat tertentu saja di dunia.

 

Desa Pulau Seliu Belitung


Seliu: Kepada Langit yang Masih Selalu Sama Ketika Kita Memandangnya

Sejak 2019 Pulau Seliu dialiri listrik 24 jam, yang sebelumnya hanya dibatasi pada malam hari. Dan belakangan tahun itu mulai berdatangan instansi kampus dan LSM yang melakukan pengabdian di desa Pulau Seliu.

 

Desa Pulau Seliu Belitung

 

Pembangunan infrastruktur desa Seliu memang sudah menunjukkan kemajuan, ekonomi desa pulau meroket . Pemda melakukan banyak dukungan untuk menumbuhkan sektor ekonomi Seliu. Banyak rumah warga yang sudah mendapat bantuan perbaikan. Rumah-rumah bisa dikata modern seperti rumah-rumah di pulau Jawa, alih-alih seperti rumah pesisir. Jalan utama desa sudah terpasang lampu-lampu dan bangku jalan seperti Eropa setelah gapura selamat datang.

 

Waktu itu, saya tergabung dalam kegiatan pengabdian masyarakat selama 4 hari di desa Pulau Seliu. Banyak informasi yang kami dapatkan ketika tergabung dalam divisi ekonomi. Warga Seliu masih mengandalkan penjualan hasil laut secara mentah. Mereka hanya bergantung pada harga yang ditentukan oleh tengkulak. Belum ada pengolahan produk unggulan olahan laut untuk meningkatkan nilai ekonomi, kecuali kerupuk ikan. Untuk hasil kebun, ada olahan emping melinjo dan buah mangga. Itu semua hanya dipasarkan dalam lingkup satu Pulau Seliu saja.

 

Perlu dukungan dan kepedulian lebih untuk meningkatkan SDM Pulau Seliu. Keberadaan kelompok sadar wisata turut mempromosikan wisata desa Pulau Seliu yang ada di Belitung itu. Ada rencana pembangunan pusat pariwisata untuk pulau seliu ke depannya. Masterplan tersebut sudah dirancang sejak 2020. Yang diharapkan adalah nantinya sektor wisata bisa menjadi penyokong ekonomi dan kesejahteraan penduduk desa Pulau Seliu.

Desa Pulau Seliu Belitung
Desa Pulau Seliu Belitung
Desa Pulau Seliu Belitung
 

Jauh daripada itu, Seliu belum menyediakan jenjang sekolah yang lengkap. Hanya ada PAUD, TK, SD dan SMP. Itupun dengan tenaga pendidik yang terbatas. Untuk melanjutkan ke SMA, mereka harus menempuhnya ke pulau utama, yaitu Tanjung Pandan di Belitung. Anak-anak lebih memilih ikut melaut dan membantu orang tua daripada bersekolah. Dan ketika ditanya apa cita-citanya, kebanyakan mereka ingin menjadi nelayan saja. Bukankah kabar pendidikan desa Pulau Seliu masih memerlukan sentuhan kita?

LihatTutupKomentar